asuransi perjalanan

Kali ini kita akan membahas mengenai asuransi perjalanan atau biasa disebut travel insurance. Biasanya sebelum liburan, kalian pasti prepare dulu kan yang namanya tiket, tempat menginap, itinerary, transportasi, dll. Tapi, apakah kalian juga mempersiapkan asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang mengcover dan melindungi kalian pada saat bepergian, baik ke luar kota atau ke luar negeri. Asuransi perjalanan ini penting buat kamu yang suka traveling ke berbagai tempat. Kenapa asuransi perjalanan penting? Untuk tahu kenapa hal itu penting, berikut adalah contoh situasi saat perlindungan perjalanan dibutuhkan:

Kasus 1

Annisa, mama Adam (2,5 tahun) berlibur ke Jepang bersama suami dan si kecil. Dalam perjalanan tersebut, Annisa sekeluarga naik pesawat dengan transit di Bangkok selama 3 jam. Supaya Adam tidak bosan di perjalanan panjang ini, Annisa menyiapkan mainan dan snack favorit Adam di cabin bag. Setelah capek mengejar Adam keliling-keliling selama transit di Bangkok, akhirnya sampai juga keluarga Annisa di Jepang.

Ternyata setelah sekian lama menunggu, bolak balik bertanya, petugas bandara sibuk menelpon sana sini, ternyata koper yang berisi baju dan perlengkapan Adam tidak muncul di conveyor belt bagasi dan dinyatakan hilang oleh petugas! Duh gimana dong? Kan masih seminggu di Jepang. Gimana Adam mau ganti baju nih? Sabun favorit dia juga hilang deh. Beruntung sebelum berangkat kemarin Annisa sempat membeli asuransi perjalanan yang menanggung biaya penggantian kehilangan koper. Annisa hanya butuh mencari keperluan Adam selama di Jepang aja, yang penting biayanya diganti

Untuk memiliki asuransi perjalanan, kita perlu membelinya sebelum berangkat, bisa beli online maupun di travel agent. Selain itu, beberapa negara juga mengharuskanmu untuk punya travel insurance sebelum mengeluarkan visa untuk bisa masuk ke negara-negara tersebut. Contohnya, saat kamu apply visa Schengen untuk masuk ke berbagai negara Eropa (seperti Belanda, Jerman, Spanyol, dll.), kamu harus punya travel insurance yang meng-cover perjalananmu. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa ditanggung oleh asuransi perjalanan:

  • Keterlambatan dan pembatalan penerbangan
  • Kecelakaan dan biaya pengobatan selama perjalanan
  • Perlindungan bagasi 

Kasus 2

Contoh kasus lainnya. Denny, beberapa bulan lalu pergi berlibur ke Swiss bersama teman-temannya, ke Mount Titlis. Karena tempatnya berada di puncak gunung, mereka harus naik bus sekitar 1,5 jam untuk sampai ke atas. Tapi,  cuaca hujan dan salju, bus yang mereka tumpangi tiba-tiba kehilangan kendali dan menabrak kendaraan lain sehingga Denny mengalami luka yang cukup parah.

Denny dan teman-teman segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pengobatan. Untungnya Denny mempunyai asuransi perjalanan yang mengcover semua biaya pengobatan karena kecelakaannya ini. Pengobatan di Swiss yang terkenal sebagai negara mahal kan pasti lebih mahal dari di Indonesia. Bayangkan bila tidak punya asuransi.

Jadi, tidak hanya menanggung barang bawaan yang hilang atau pembatalan penerbangan seperti kasus Annisa kemarin, tetapi juga beberapa hal lain seperti:

  • Sakit pada saat perjalanan, termasuk biaya perawatan di rumah sakit
  • Kecelakaan di perjalanan, termasuk biaya perawatan di rumah sakit, maupun jika sampai menyebabkan cacat tetap atau meninggal dunia

Walaupun tidak selalu wajib untuk mengambilnya, punya asuransi perjalanan bisa membuat kita merasa lebih aman dan nyaman. Jadi tidak perlu ragu lagi kalau kamu merasa perlu membelinya sebelum pergi liburan.#