5 Langkah Menuju Kebebasan Finansial (Financial Independence)

Ketika mendengar “financial independence” atau kebebasan finansial, apa sih yang terlintas di pikiranmu? Bebas traveling keliling dunia, memiliki rumah bertingkat lengkap dengan fasilitasnya, mengoleksi sports car dan barang-barang branded, atau sebatas menjalani hari sambil menikmati hobi karena sudah punya passive income yang cukup?

Secara singkat, financial independence bisa diartikan sebagai kondisi di mana kita bisa memenuhi segala kebutuhan hidup tanpa harus bekerja. Untuk mewujudkannya, yuk pelajari 5 langkah menuju kebebasan finansial di bawah ini agar semua harapanmu bisa tercapai dan tidak menjadi angan-angan semata.

 

1. Kenali kondisi keuangan kamu

menabung untuk kebebasan finansial

Dengan mengenali kondisi finansial kamu saat ini, kamu jadi tahu mau mulai dari mana untuk memperbaiki atau mengembangkan kondisi finansialmu tersebut. Jadi, bagaimana nih kondisi finansialmu saat ini, sudah sehat atau belum?

 

2. Buat rencana yang jelas dan terukur

rencana mencapai kebebasan finansial

Pastikan kamu merencanakannya secara spesifik, seperti seberapa banyak uang yang perlu kamu miliki hingga di usia berapa kamu ingin mewujudkannya. Untuk mengetahui perhitungan dan cara mencapai financial independence, kamu bisa mulai mendaftar program financial independence yang ditawarkan Arkana lho!

 

3. Lunasi segala utang atau tagihan

mengatur keuangan

Jangan ada lagi utang atau tagihan yang memberatkanmu agar keadaan financial independence yang kamu harapkan cepat tercapai. Segera lunasi ya jangan lagi ditunda-tunda, nanti bunganya bisa semakin besar dan malah semakin merepotkanmu!

 

4. Cari pendapatan tambahan

membuka bisnis untuk kebebasan finansial

Kalau pendapatan dari gaji kamu dirasa masih belum cukup, gak ada salahnya kamu bikin bisnis kecil-kecilan terus promosiin di media sosial kamu deh! Bisnis makanan atau camilan sekarang ini lagi hype banget nih. Dengan bantuan media sosial, seperti Instagram dan Facebook kamu udah bisa promosi secara gratis.

 

5. Mulai berinvestasi

investasi saham untuk kebebasan finansial

Sudah punya uangnya tapi masih belum yakin bagaimana cara mulai berinvestasi? Investasi ini bisa berupa saham, obligasi, reksadana, atau aset apapun yang yang bisa memberi penghasilan lebih dari pengeluaran kita setiap bulannya.

Mau mulai berinvestasi tapi masih bingung bagaimana memulainya? Untuk menuju kebebasan finansial, kamu bisa mulai dengan mengikuti Financial Independence Program di Arkana. Selain akan mendapat rekomendasi khusus sesuai profil dan tujuanmu, investasi bersama Arkana juga nyaman dan tenang karena Arkana sudah tercatat di OJK.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai langkahmu mencapai financial independence bersama Arkana!