Pernah gak sih kalian kepikiran gimana sih caranya untuk hidup bebas tanpa harus mikirin uang lagi?. Pengen banget bebas mau mengerjakan apa saja yang kalian inginkan tanpa harus mikirin uang untuk bayar tagihan atau bingung mikirin uang belanja dari mana. Nah kali ini, kita akan ajari caranya untuk supaya itu menjadi kenyataan dengan mencapai kebebasan finansial atau biasa disebut juga financial freedom.

Apa Sih Kebebasan Finansial Itu?

Kebebasan finansial atau financial freedom merupakan suatu saat dimana kita memiliki aset yang memberi penghasilan lebih besar dari pada pengeluaran kita sehingga kita terbebas dari masalah masalah keuangan. Dalam kata lain, kebebasan finansial merupakan masa dimana kita sudah bebas untuk mengambil keputusan pengeluaran apapun tanpa ada halangan keuangan.

Gimana sih caranya mencapai kebebasan finansial?. Simak contoh cerita dibawah ini:

Pasangan Bapak & Ibu Bambang memerlukan biaya hidup sebesar Rp 10 juta sebulan – untuk makan, transport, hiburan, dan lain-lain. Supaya Bapak & Ibu Bambang bisa hidup tenang tanpa harus mikirin duit lagi, mereka perlu memiliki aset yang menghasilkan minimal Rp 10 juta setiap bulannya.

Nah, Bambang sekarang berumur 30 tahun, dan bekerja sebagai Sales di salah satu perusahaan nasional. Kalau penghasilannya digabung dengan penghasilan istrinya yang jualan baju online, penghasilan mereka sekeluarga sebesar Rp 18.000.000 sebulan. Bambang dan istrinya lumayan hemat, pengeluaran mereka sekeluarga cuma Rp 7.000.000 sebulan, sudah termasuk kebutuhan anak mereka yang sekarang berumur 3 tahun. Di luar pengeluaran sehari-hari, Bambang juga bayar cicilan rumah sebesar Rp 3.000.000 sebulan.

Dengan pengeluaran tersebut Bambang memiliki sisa Rp 8.000.000 untuk di investasikan. Dalam cerita ini anggaplah bambang milih saham sebagai instrumen investasi nya. Dengan menginvestasikan Rp. 8.000.000 ini ke  saham, Bambang dapat mencapai kebebasan finansial di usia 45 tahun. Dengan ini Bambang dan istrinya bisa santai sekeluarga tanpa pusing ngejar target di kantor atau naikin omset online lagi.

Jadi mulailah berinvestasi mulai saat ini!. Buat keperluan ini, kalian bisa berinvestasi di saham, supaya dapat return yang maksimal.