investasi bermanfaat

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan uang Rp 100.000, tapi salah satu yang terbaik adalah menginvestasikannya. Dengan modal Rp 100.000, ada beberapa jenis investasi modal kecil yang bisa kamu pilih, salah satunya yaitu investasi peer to peer lending.

Apa itu peer to peer lending? Peer to peer lending adalah layanan pinjam meminjam melalui perantara sebuah platform online yang menghubungkan investor (pemberi pinjaman) dengan peminjam. Jadi, sebagai investor pada investasi peer to peer lending, kamu memberikan pinjaman pada orang-orang yang membutuhkan pinjaman dana. Saat peminjam membayarkan kembali pinjamannya, kamu mendapatkan keuntungan berupa sebagian dari biaya bunga pinjaman.

Salah satu penyedia layanan investasi peer to peer lending terkemuka di Indonesia yaitu MEKAR (PT Mekar Investama Sampoerna). Berbeda dari kebanyakan platform peer to peer lending lainnya, MEKAR memfokuskan layanannya pada pinjaman produktif untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan bukan pada pinjaman konsumtif. Karena itu, saat kamu berinvestasi di MEKAR, investasimu tidak hanya memberikan kamu keuntungan finansial, tapi juga manfaat sosial.

Keuntungan Finansial
Investasi pada pinjaman UMKM di MEKAR bisa memberikanmu keuntungan mulai 7,18% flat per tahun, lebih tinggi dari bunga deposito di bank-bank besar. Dengan periode investasi yang lebih panjang, kamu bahkan bisa mendapatkan keuntungan hingga 12,5% per tahunnya.

investasi p2p lending

Kelebihan lainnya yaitu adanya proteksi 100% untuk pokok investasimu. Proteksi ini disediakan oleh lembaga-lembaga keuangan mikro yang bermitra dengan MEKAR. Mitra atau disebut juga Lending Partner MEKAR adalah lembaga keuangan mikro yang bekerja sama dengan MEKAR dalam mencari peminjam (pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha) dan menyalurkan serta menagihkan pinjaman.

Real people, real businesses, real impact
investasi bermanfaat sosial
investasi bermanfaat sosial

Seperti apa manfaat sosial yang kamu ciptakan dengan investasimu? Begini, tahukah kamu bahwa mayoritas pelaku UMKM di Indonesia sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank untuk usahanya? Ini karena mereka tidak memiliki dokumen maupun jaminan aset yang biasanya disyaratkan oleh bank, jadi kebanyakan bank tidak mau memberikan pinjaman untuk mereka. Padahal, pelaku usaha, utamanya usaha kecil, sangat membutuhkan bantuan modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Di sinilah peranmu. Dengan berinvestasi dan memberi pinjaman kepada pelaku UMKM melalui MEKAR, kamu membantu mereka menjalankan dan mengembangkan usahanya. Saat usaha mereka berkembang, lapangan pekerjaan baru akan terbuka bagi masyarakat di lingkungan pelaku usaha tersebut dan roda ekonomi lokal akan berputar lebih kencang.

Di balik setiap pinjaman usaha yang bisa kamu danai melalui MEKAR, ada orang-orang yang berjuang membangun bisnis kecilnya. Mereka adalah petani, perajin keset, pembuat keripik singkong, pembuat angklung, dan lain sebagainya. Investasimu dapat membantu mereka meningkatkan taraf hidup mereka dan membawa keberhasilan bagi usaha mereka.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai investasimu, hasilkan keuntungan finansial dan ciptakan manfaat sosial bersama MEKAR! Kunjungi https://mekar.id dan bergabunglah sebagai Funder!


Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Arkana Finance dan Mekar.