Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran cashless yang banyak dipakai saat ini. Bisa digunakan untuk transaksi di merchant maupun online, serta diterima di banyak tempat. Umumnya, banyak merchant yang menawarkan diskon atau promo bila membayar dengan kartu kredit tertentu. Salah satu promo yang tersedia merupakan pembayaran dengan fasilitas cicilan. Ini merupakan salah satu fitur kartu kredit yang berguna namun juga bisa membahayakan karena tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengelola hutang yang baik.

 

Hutang Kartu Kredit

Apabila ada promo yang memberikan fasilitas cicilan, ini berarti tagihan yang masuk di bulan ini adalah senilai cicilannya saja dan ini termasuk utang terjadwal. Tapi bila kita menggunakan kartu kredit untuk pembayaran normal tapi tidak dibayar lunas sesuai tagihan, maka tunggakannya akan masuk utang menggulung. Tagihan yang menjadi hutang menggulung berarti bunga yang harus dibayar kedepannya akan semakin membesar. Itulah mengapa tagihan kartu kredit setiap bulannya sebaiknya dibayar lunas.

Kalau kita memanfaatkan promo cicilan, sisa yang tidak terbayar akan muncul di tagihan bulan-bulan berikutnya selama periode cicilan. Cashflow dan jatah pengeluaran kita di bulan-bulan berikutnya akan berkurang selama masih ada yang harus dicicil. Hal ini harus dipertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk menggunakan kartu kredit dalam bertransaksi. Kartu kredit merupakan alat transaksi yang sangat berguna, namun harus bijak dan hati-hati menggunakannya.

 

Kartu Kredit Cicilan 0%

Masih membahas seputar kartu kredit nih, Sobat. Banyak loh sebenarnya yang memanfaatkan penggunaan kartu kredit untuk membeli barang dengan fitur cicilan 0%. Ini berarti bahwa transaksi pembelian kita akan dicicil menjadi beberapa bulan sesuai dengan promo tanpa dikenakan bunga. 

Promo-promo inilah yang kadang membuat kita bisa membeli barang yang harganya lumayan mahal tanpa mengganggu cashflow di bulan tersebut. Jumlah pembayaran dibagi sesuai jumlah bulan cicilan.

Sayangnya alih-alih berhemat, banyak juga yang lupa bahwa walaupun tagihan di bulan ini menjadi kecil, tagihan tersebut akan terus muncul dan tetap perlu dibayar di bulan-bulan berikutnya. Hal ini menjadikan jatah pengeluaran kita kedepannya menjadi lebih kecil dan malah tidak terasa. Selain itu, selama cicilan masih berlangsung berarti kita memiliki utang konsumtif dalam jumlah tetap yang harus diprioritaskan pembayarannya setiap bulan.

Sebaiknya fasilitas cicilan hanya digunakan 1 kali dalam suatu waktu, jadi apabila cicilan yang lama belum lunas maka jangan mencicil hal yang lain lagi. Apabila memang perlu membeli beberapa barang sekaligus, maka cicilan bulanan dalam kartu kredit sebaiknya tidak melebihi 10% dari penghasilan bulanan kamu.

 

Baca Juga:

Mengatur Penggunaan Kartu Kredit Agar Tidak Terjerat Utang