Akhir-akhir ini kita sering mendengar berbagai keluhan pengguna layanan fintech (teknologi finansial) yang bergerak di sektor pinjaman online. Keluhan yang disampaikan hampir seluruhnya datang dari pengguna yang memanfaatkan layanan fintech untuk meminjam dana secara kilat. Salah satu keluhan yang banyak didengungkan adalah penyebaran data nasabah sebagai cara menagih pinjaman.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa ada platform-platform pinjaman cepat yang melanggar privasi dengan menyebar data nasabahnya. Akibatnya, masyarakat lalu mengidentikkan sebutan “fintech” dengan praktek-praktek semacam ini. Padahal, ada banyak juga platform fintech pinjam meminjam (peer to peer lending) yang tidak melakukan praktek-praktek tersebut dan tidak pernah mendapatkan keluhan seperti yang digambarkan di atas dari nasabah-nasabahnya.

Selain itu, yang belum banyak diketahui masyarakat adalah bahwa ada platform-platform peer to peer lending yang sesungguhnya bisa dimanfaatkan untuk satu hal yang jauh lebih bermanfaat daripada meminjam uang –apalagi bila tujuannya untuk memenuhi nafsu konsumtif. Platform peer to peer lending seperti MEKAR, misalnya, bisa kamu manfaatkan untuk berinvestasi.

website layanan fintech Mekar

Investasi mudah dengan modal kecil dan keuntungan tinggi
Seperti apa cara kerja investasi di platform peer to peer lending? Pada dasarnya, investor pada investasi peer to peer lending berlaku sebagai pemberi pinjaman. Jadi, sebagai investor, kamu meminjamkan uangmu pada peminjam yang membutuhkan pinjaman dana melalui perantara sebuah platform P2P.

Saat peminjam membayar kembali pinjamannya, kamu akan mendapatkan imbal hasil atau keuntungan berupa sebagian dari biaya bunga yang dibayarkan oleh peminjam. Di MEKAR, imbal hasil yang bisa kamu dapatkan yaitu 7,18% hingga sekitar 12,5% flat per tahun, jauh lebih tinggi dibandingkan bunga deposito bank.

cara investasi

Kelebihan lainnya dari investasi peer to peer lending adalah prosesnya yang sangat mudah. Pendaftaran sebagai investor (atau disebut juga “Funder”) bisa kamu lakukan secara online. Setelah terdaftar dan memiliki akun Funder, kamu bisa memilih sendiri peminjam mana saja yang ingin kamu danai. Pendanaan/investasi bisa dimulai dari hanya Rp 100.000 saja. Semua proses pendanaan dan penerimaan pembayaran pinjaman pun memanfaatkan teknologi digital sehingga memudahkan kamu untuk berinvestasi kapan saja dan di mana saja asalkan kamu memiliki koneksi internet.

Investasi pada pinjaman produktif untuk usaha
Sebagai investor, tentunya kamu perlu menimbang risiko yang kamu hadapi saat kamu berinvestasi. Begitu juga saat kamu berinvestasi peer to peer lending, kamu perlu mempertimbangkan sebesar apa risiko yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan tingkat keuntungan yang sesuai dengan harapanmu.

Untuk kamu yang mencari investasi dengan risiko yang relatif rendah, investasi peer to peer lending melalui MEKAR bisa jadi pilihan. Ini karena MEKAR memiliki strategi mitigasi risiko yang mumpuni, sehingga dalam dua tahun sejak MEKAR pertama kali menawarkan layanan pinjaman P2P di awal 2017, 100% dana Funder MEKAR dapat dibayarkan secara tepat waktu.

Beberapa cara MEKAR meminimalisir risiko bagi Funder yaitu:

  • Melakukan seleksi ketat terhadap peminjam dan tujuan pinjaman. MEKAR memastikan seluruh pinjaman yang bisa didanai melalui platform MEKAR adalah pinjaman untuk kebutuhan produktif yaitu menjalankan dan mengembangkan usaha. Dengan begitu, peminjam memiliki peluang lebih besar untuk membayar kembali pinjamannya dibanding jika mereka menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhan konsumtif.
  • Bekerja sama dengan lembaga-lembaga keuangan mikro yang sudah lebih banyak memiliki pengalaman dan keahlian yang mumpuni dalam menyalurkan pinjaman usaha bagi pelaku UMKM Indonesia dan menagih pinjaman serta memberikan pendampingan bagi nasabah.
  • Memastikan lembaga-lembaga keuangan yang menjadi mitra MEKAR sehat secara finansial sehingga mereka mampu memberikan komitmen proteksi 100% atas dana pokok investasi yang disalurkan oleh Funder. Ini berarti jika peminjam mengalami gagal bayar, Funder akan tetap bisa mendapatkan kembali dana yang telah ia investasikan.

Pelajari lebih lanjut tentang investasi aman, menguntungkan, dan berdampak sosial di MEKAR dengan mengunjungi https://mekar.id.  


Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Arkana Finance dan Mekar.