Tips Keuangan Agar Aman Saat Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah tiba! Selamat berpuasa bagi Sobat Arkana yang menjalankannya. Berikut beberapa tips keuangan agar tetap aman di saat Ramadhan dan puasa bisa berjalan lancar, meskipun di tengah menyebarnya virus corona COVID-19 seperti saat ini:

1. Atur pengeluaran Belanja Online

Dalam kondisi physical distancing ini, tentunya kita berada di rumah lebih banyak dari biasanya. Oleh sebab itu, bisa dimaklumi kalau godaan untuk berbelanja online menjadi sangat besar. ūüôā Supaya kondisi keuanganmu tetap stabil, lakukan pembagian¬†budget untuk jajan online selama bulan puasa dengan top up periodik, misalnya 200 ribu buat seminggu supaya pengeluaran tetap terjaga.

2. Kurangi Pengeluaran Untuk Hal-hal Tersier

Tidak kalah penting, pastikan kondisi keuanganmu stabil untuk bisa memenuhi kebutuhan selama bulan puasa yang biasanya membengkak. Kurangi berbelanja hal-hal tersier, seperti belanja barang yang belum dibutuhkan saat ini. Fokus untuk mengalokasikan pengeluaran untuk hal-hal yang penting saja, seperti belanja kebutuhan bulanan, listrik, cicilan, dan uang sekolah anak.

3. Jaga Kesehatan Tubuh

Selama berpuasa, tubuh kita pasti akan mengalami kekurangan nutrisi sehingga bisa mengurangi daya tahan tubuh. Di tengah pandemi COVID-19 ini, sangat penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh supaya kita aman dari virus wabah tersebut. Oleh karena itu, marilah jaga daya tahan dengan makan makanan yang bernutrisi pada saat sahur dan buka puasa. Kadang makanan sehat terasa lebih mahal, akan tetapi hal ini lebih baik daripada mengeluarkan biaya kesehatan yang berlipat ganda jika kita sakit.

Untuk sahur, sangat direkomendasikan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat dan serat, misalnya nasi rames, roti gandum, kentang rebus, juga sayur-sayuran yang bisa membantu menahan rasa lapar lebih lama. Sedangkan untuk buka puasa, direkomendasikan untuk makan makanan manis untuk menggantikan kadar gula yang turun seperti buah apel, kolak, bubur kacang hijau, dan es blewah. Selain itu, perbanyak juga minum air putih, juga konsumsi sayur dan buah-buahan. 

Jangan lupa juga untuk bersilaturahmi bersama keluarga supaya kita tetap tenang dalam menjalankan ibadah puasa. Pada saat situasi physical distancing ini, kita bisa memanfaatkan video call untuk tetap berhubungan dengan keluarga.

Semoga keuanganmu tetap aman dan sehat saat Ramadhan kali ini dengan tips keuangan di atas. Selamat berpuasa!#